in

AngryAngry CryCry CuteCute LOLLOL LoveLove WTFWTF

SUMATERA BARAT JOURNEY: PARIAMAN

Bagi teman-teman yang sering makan masakan padang pasti sering dengar nama ini… Pariaman… Sate Padang asli Pariaman… Lontong Sayur Padang gulai tunjang asli Pariaman, dsb… tapi dimanakah sebenarnya Pariaman itu, ada apa disana, dan bagaimana cara untuk menuju pariaman? Mari kita ulas dalam tulisan ini.

Sejarah

Pariaman merupakan sebuah kota yang mana menurut catatan oleh Tomec Pires (1446-1524) sudah menjadi tempat perdangangan dengan bangsa asing, terutama India mulai tahun 1500an. Terletak dipesisir barat pantai sumatera menjadikan Pariaman dahulu sebagai kota pelabuhan yang ramai, salah satu bukti sejarah yang menyatakan Pariaman sebagai kota perdagangan yang besar adalah dibangunnya rel kereta api antara Padang dengan Pariaman.

How To Reach Pariaman

Ada beberapa cara agar kalian dapat menuju ke kota ini, dalam tulisan ini kami mengasumsikan anda berada di Kota Padang/Bandara Internasional Minangkabau.

Stasiun Kurai Tadji, Kota Pariaman
  • Bus
    • Jika anda berada di Kota Padang, maka menggunakan bus adalah salah satu cara yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Anda dapat menunggu bus Padang – Pariaman didepan Basko Plaza. Ada 2 bus utama yang menjalankan rute ini, yaitu Alisma dan Kawan. Anda akan diantarkan langsung ke kota Pariaman setelah menaiki bus ini.
    • Jika anda berada di Bandara Internasional Minangkabau, maka cara untuk mendapatkan bus menuju Pariaman adalah dengan menaiki kereta bandara BIM terlebih dahulu menuju stasiun Duku, setelah itu dari stasiun Duku anda dapat menunggu bus menuju Pariaman diseberang jalan dari gedung stasiun kereta.
  • Taksi
    • Sangat mudah mendapatkan taksi di Kota Padang untuk menuju Kota Pariaman, rata-rata harga sekali perjalanan yang pernah penulis rasakan saat menggunakan taksi adalah sebesar 120rb – 150rb Rupiah. Namun akan sulit saat anda mencari taksi di Kota Pariaman untuk menuju kota Padang, karena sangat jarang ada taksi di Kota Pariaman. Ada 3 pilihan taksi di Sumatera Barat, yaitu Bluebird, Taksi Ekspress, dan Taksi Bandara (Taksi Koperasi).
  • Kereta Api
    • Pilihan ketiga adalah menggunakan Kereta Api. Jika anda berada di Bandara Internasional Minangkabau, maka anda dapat naik kereta bandara BIM menuju stasiun Duku, sesampainya anda di Stasiun Duku, maka anda dapat membeli tiket kereta api menuju Pariaman (KA Sibinuang). Kekurangan dari moda transportasi Kereta Api ini adalah, jumlah perjalanan baik Padang – Pariaman atau sebaliknya sangatlah terbatas, yakni 4 kali perjalanan PP. Jika anda berada di Kota Padang, maka anda dapat naik KA Sibinuang dari stasiun Padang, stasiun Tabing, dan stasiun Duku. Untuk mencapai kota Pariaman, anda dapat turun langsung di stasiun Pariaman atau di stasiun Kurai Tadji. (Untuk jadwal kereta KA Sibinuang, dapat anda lihat di tautan ini : https://jadwalkereta.net/kereta-api-sibinuang/)
  • Rental Mobil
    • Jika anda pergi dengan beberapa orang lain, maka pilihan untuk menyewa mobil adalah pilihan yang lebih baik, karena kendaraan umum di Kota Pariaman adalah angkot (angkutan kota) dan angdes (akutan desa) lalu pilihan lainnya adalah ojek, yang maka harganya akan lumayan kerasa berat jika anda gunakan untuk mengunjungi beberapa tempat. Di Kota Pariaman anda dapat menggunakan bendi (dokar) untuk berkeliling pusat kota, namun pastikan anda dapat menawar harga dengan baik. Harga rata-rata sewa mobil sekelas Avanza atau Xenia di Kota Padang adalah 250rb-300rb Rupiah per hari (24 Jam) dengan sistem lepas kunci.

Things to do in Pariaman

Saat pergi ke Kota Pariaman, ada beberapa tempat yang wajib kunjungi. Mulai dari Pantai, Kulineran, hingga Pasar. Berikut ini beberapa rekomendasi kami untuk tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi di Pariaman!

Pantai Gandoriah (Pantai Pariaman)

Pantai Gandoriah merupakan pantai utama di Kota Pariaman, terletak persis dibelakang Stasiun Pariaman, membuat pantai ini sangat mudah dikunjungi. Pantai dengan pasir yang bersih dan sangat landai ini cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama keluarga ataupun teman. Bahkan karena pantai ini terbilang bersih dan terawat, pengunjung pantai ini pun banyak merupakan masyarakat dari daerah lain selain Pariaman. Pokoknya wajib banget untuk dikunjungi!

Jika kamu lapar saat disekitaran Pantai Gandoriah ini, jangan khawatir! Dipantai ini banyak penjaja nasi sek, nasi sek itu semacam nasi padang, namun nasinya dibungkus dengan daun pisang. Lauknya didominasi dengan olahan ikan atau hasil laut sekitar, akan kami ulas dipost yang terpisah dalam website ini! Banyak warung nasi sek disekitar pantai gandoriah ini, kami juga menyarankan untuk tetap menanyakan harganya walau pada umumnya mereka menuliskan harga untuk tiap lauk yang diambil (dimakan).

Pulau Angso Duo

Dari Pantai Gandoriah ini pula kamu dapat naik kapal (boat) ke pulau angso duo, pulau tersebut merupakan pulau yang ada dilepas pantai pesisir kota Pariaman, kamu dapat pergi ke loket kapal yang berada diujung arah kanan (jika kamu masuk dari belakang stasiun) dekat dermaga kapal untuk naik kapal ke pulau angso duo, pulau angso duo memiliki pasir pantai yang putih, bersih, dan landai. Serta laut disekitar pulau tersebut berwarna biru, menyejukkan mata dan pikiran jika kita berkunjung kesana.

Makan Di Los Lambuang Balai Kurai Tadji

Los Lambuang (Food Court) adalah sebutan untuk satu bagian dari pasar didaerah Sumatera Barat yang berisikan penjaja makanan. Ada beberapa makanan yang wajib kamu coba saat sudah sampai disini

KETUPAT SAYUR GULAI TUNJANG (Sarapan)

Gulai tunjang? Untuk sarapan? why not… ketupat yang disajikan dengan gulai tunjang memberikan cita rasa berbeda! Bahkan penulis kesulitan untuk mendeskripsikannya dipost ini, pokoknya kamu coba aja!

Fokus sama Ketupat Sayurnya aja ya, itu foto Oma penulis, jadinya disticker aja haha

SOTO PADANG (Sarapan, Makan Siang, Makan Malam)

Soto Padang berisikan daging dendeng renyah dengan bihun, perkedel kentang, dan kuah yang sangat kaya dengan rasa rempah, dimakan bersama nasi dan kerupuk merah adalah satu dari beberapa makanan lain yang harus kamu coba!

TEH TALUA (TEH TELUR)

Teh panas yang dikocok telur, rasa yang manis vanilla membuat minuman ini sangat tepat untuk menemani makan mu! Teh Talua tidak amis! Jangan bayangkan telur mentah yang dimasukkan ke teh, proses pembuatan Teh Talua yang kompleks ini akan memberikan kamu rasa yang fantastis! Harus coba!

SATE PADANG (Makan Siang, Makan Malam)

Sate Padang? Apa bedanya? Bukannya dimana-mana ada? Nah… Sate Padang asli dari Pariaman memiliki cita rasa yang berbeda dengan Sate Padang lain, daging sate tipis disajikan bersama kuah merah yang sangat memanjakan lidah, dimakan bersama kerupuk kulit atau keripik balado… Sungguh kalian harus coba!

MARTABAK MESIR (Makan Malam)

Untuk kalian yang sering makan dimasakan padang di Jakarta atau kota besar lain, pasti tidak asing dengan nama makanan ini, mirip dengan martabak telur, namun lebih kaya akan bumbu dan irisan daging yang tebal disajikan dengan kuah asin yang nikmat, menjadikan makanan ini harus kamu coba jika berkunjung ke balai kurai tadji pada malam hari (setelah sholat maghrib)

OLEH-OLEH APA YA….

Untuk oleh-oleh khas dari Pariaman, kamu bisa beli kerupuk jengkol mentah, banyak dijual dipinggir rel dekat pasar arah RSUD Pariaman, disitu juga kamu bisa beli emping dari melinjo asli yang mentah serta ada keripik-keripik lain. Ingat untuk nanya harga ya… Kamu juga bisa oleh-oleh in teman atau saudara dirumah Sala Lauk, apa itu? Sala Lauk adalah gorengan dari tepung berbentuk bola-bola terbuat dari ikan, kamu bisa menemukan sala lauk di Los Lambuang, tanya saja ke penjual makanan, pasti diambilin, jangan lupa dihitung saat makan hehe…

Sekian dulu cerita dari Kota Pariaman, pernah ke kota ini atau berencana untuk main ke kota ini, tulis komentar mu dikolom komen!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

KA Sawunggalih Pagi (KA122) : Pasar Senen – Kutoarjo Train Ride Experience